Duh, Ahli Ungkap Wabah Zombie ‘The Last of Us’ Bisa Terjadi di Dunia Nyata

Wecome Scalautils di Situs Kami!

Jakarta – Duh, Ahli Ungkap Wabah Zombie ‘The Last of Us’ Bisa Terjadi di Dunia Nyata

Dikatakan bahwa kiamat zombie yang disebabkan oleh jamur bisa terjadi di dunia nyata. Pasalnya, infeksi jamur yang mematikan bisa menginfeksi tubuh manusia, seperti di film ‘The Last of Us’, muncul dengan cepat dan dimulai dari obat-obatan, bukan berhenti.

Namun, penelitian mengenai pengobatan baru untuk infeksi jamur saja tidak cukup karena tidak menguntungkan bagi industri farmasi. Matthew Fisher, profesor penyakit jamur di Imperial College London, juga mengatakan tingkat risiko terhadap manusia masih belum jelas. Temuan Etilen Glikol Butil Ether di Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut, Apa Itu?

“Penyakit jamur merupakan penyakit yang berdampak besar terhadap kematian global,” ujarnya kepada Science, Business and Technology Committee, seperti dilansir Daily Mail.

Jamur yang disebut cordyceps, atau jamur semut zombi, dapat mengendalikan pikiran serangga menggunakan bahan kimia psikoaktif. Hal ini mencegah mereka makan sebelum mereka membawanya ke atas dan meninggalkan pipa untuk menulari orang lain.

Yang mengkhawatirkan, Profesor Fisher mengatakan pemanasan global menyebabkan jamur seperti Cordyceps beradaptasi terhadap perubahan suhu, sehingga mereka mendominasi tubuh manusia.

“Apakah kiamat zombie yang disebabkan oleh infeksi jamur mungkin terjadi?” tanya anggota parlemen Dawn Butler.

“Semua bagiannya ada di sana, kan?” Profesor Fisher menjawab.

Menurut Fisher, jamur dapat menghasilkan bahan kimia psikoaktif yang kuat, yang dapat sangat mempengaruhi kepribadian kita, dan dapat menyebar serta menginfeksi manusia.

“Saya kira ini tidak mungkin terjadi, tapi jamur melakukan tugasnya dengan baik, sehingga bisa saja terjadi,” ujarnya.

Ia melanjutkan, “Ada tingkat ketakutan masyarakat terhadap jamur, namun peningkatan ini merupakan hal yang baik.” Duh, Ahli Ungkap Wabah Zombie ‘The Last of Us’ Bisa Terjadi di Dunia Nyata

Lebih dari 6,5 juta orang menderita infeksi jamur yang serius dan 2,5 juta orang meninggal setiap tahunnya, lebih banyak daripada gabungan penyakit malaria dan tuberkulosis. Profesor Fisher mengatakan serangan jamur juga mengancam pasokan pangan dunia, yang bisa menjadi ‘bencana besar’. Ia juga mengatakan bahwa ancaman baru terus berlanjut seiring dengan berkembangnya penyakit dengan cepat dan menjadi resisten terhadap obat-obatan.

“Ada banyak jamur yang bisa menyebar ke seluruh dunia melalui perdagangan global,” kata Profesor Fisher.

“Hal ini telah kita lihat pada hewan amfibi yang merusak chytrid, yang menyebabkan kerusakan besar di wilayah tropis dan hutan hujan. Sekarang kita melihat hal yang sama pada manusia dalam kasus penyebaran Candida auris,” lanjutnya. Tonton video ini “Kebenaran tentang epidemi narkoba yang ‘buruk’ di Afrika” (suc/naf)